Mekanisme Pelaksanaan

Mekanisme Pelaksanaan Tata Kerja Inspektorat Kabupaten

Dalam melaksanakan tugas inspektorat, para kepala bagian menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi secara vertikal dan horisontal. Setiap pimpinan organisasi dalam lnspektorat, bertanggung-jawab memimpin, mengkoordinasi bawahannya masing-masing dan memberikan bimbingan serta..

petunjuk-petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahannya. Selanjutnya setiap pimpinan satuan organisasi mengikuti dan mematuhi petunjuk-petunjuk dan bertanggung jawab kepada atasan masing-masing dan menyampaikan laporan tepat pada waktunya.

Setiap hasil laporan pemeriksaan serta temuan yang diterima oleh pimpinan dari bawahan, diolah sebagai bahan dan dasar yang selanjutnya apabila hasil pemeriksaan terindiksasi sebuah kasus maka dilakukan pengusutan kasus lebih lanjut yang langsung di ambil alih oleh pimpinan daerah.

Dalam melaksanakan tugasnya, setiap pimpinan regu pemeriksa dibantu oleh pimpinan organisasi bawahannya masing-masing dengan mengadakan pemeriksaan berkala. Melalui mekanisme kerja yang demikian, maka akan memperkecil kemungkinan bagi bawahan untuk melakukan penyelewengan dari bidang tugas yang diberikan kepadanya. Sebab sistem pengawasan yang diterapkan adalah pengawasan bertingkat dan berantai.

Berdasarkan Tata Kerja Inspektorat, bagian dan sub bagian di inspektorat Daerah Kabupaten, maka nampaklah bagi kita bahwa inspektorat merupakan salah satu lembaga pengawasan fungsional yang dimana sebuah bentuk pengawasan yang dilakukan dari luar organisasi agar terjadi sebuah keseimbangan dalam jalannya pemerintahan kabupaten Kota.