3 Stages of Monitoring Process

Pelaksanaan proses pengawasan fungsional yang dilakukan oleh Inspektorat kabupaten pada Instansi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten, berjalan dengan 3 tahap yakni:.

  • Survey yang dilakukan oleh tim pemeriksa telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan pada POP regular Kabupaten / Kota.
  • pada saat pembuatan PKP selalu terjadi keterlambatan pembuatan PKP karena biasanya terjadi kesulitan pada penyatuan waktu antara tim pemeriksa, dengan yang diperiksa.
  • Tim pemeriksa melakukan pembuatan KKP dengan lancar dan baik, dan sesuai dengan POP Reguler tahun 2005.
  • Langkah terakhir dari proses pemeriksaan yaitu Ketua tim pemeriksa wajib melakukan penyusunan LHP laporan hasil pemeriksaan. LHP merupakan sasaran komunikasi resmi untuk menyampaikan seluruh informasi dari objek yang diperiksa tentang sesuatu realisasi kegiatan termaksud dalamnya menginformasikan temuan baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negative dilengkapi dengan rekomendasi. Faktor yang mempengaruhi inspektorat kabupaten dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya yakni : Sistem dan prosedur; Sarana dan prasarana; Sumber daya manusia; dan anggaran.